Jumat, 11 Januari 2019

Jaringan dan Internet

1. Jelaskan apa yg dimaksud dengan jaringan !

Jaringan (network) adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuam yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.


2. Apakah perbedaan jaringan dengan internet !

Jaringan (network) atau sebutan lainnya jaringan komputer, adalah sebuah sistem yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya yang saling terhubung untuk digunakan secara bersama-sama dalam cakupan area yang sempit Sedangkan  internet (atau istilah lainnya interconnection networking) yaitu jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan hingga milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, yang menggunakan berbagai jenis komunikasi, mulai dari jaringan telepon, satelit, dan lainnya.

3. Apakah yg harus ada dalam membangun sebuah jaringan !

  • Interfaces Jaringan
  • Semua komputer memiliki interface masing2 yg digunakan untuk saling terhubung ke jaringan. Interface tersebut biasanya dimiliki komputer dalam bentuk NIC ( Network Interface Card ). Selain komputer, ada beberapa devices yg memiliki NIC juga, seperti HUB, Switch, dan Router.
  • Media Transmisi
  • Media transmisi adalah suatu alat penghubung antar komputer dengan perangkat jaringan lain. Media transmisi yang digunakan saat ini masih ada 2 macam, yaitu dengan kabel dan nirkabel. Untuk kabel terdapat 4 jenis, yaitu :
  1. UTP ( Unshieled Twisted Pair )
  2. STP ( Shielded Twisted Pair )
  3. Coaxial
  4. Fiber Optik
  • NOS ( Network Operating System )
NOS berguna untuk menunjang kinerja dari jaringan komputer, termasuk dalam pendukung system keamanan, sharing, dan juga client server. Beberapa OS yang berguna untuk keamana jaringan yaitu Linux, sedangkan untuk server yaitu Windows 2003, 2008, dan 2012, dan untuk client dapat menggunakan windows XP dan versi yang lebih bagus dari XP.

  • Network Device
Network device adalah sebuah peralatan yang digunakan untuk penunjang system jaringan. Contoh alat network device adalah Switch, Hub, Repeater, Router, dan Modem.
  • Network Protocol
Network protocol adalah aturan – aturan yang digunakan sebuah jaringan komputer untuk setiap kompone – komponen dari jaringan komputer tersebut untuk harus berkomunikasi. Protocol sendiri pada dasarnya dibedakan menjadi 3 sesuai dengan kegunaannya, yaitu :
  1. Communication protocol ( IP,IPX, dan Netbeui )
  2. Transport protocol ( TCP dan UDP )
  3. Applications protocol ( FTP, HTTP, HTTPS, dan lain sebagainya )
Kelima hal tersebut adalah sebuah dasar yang sangat penting untuk membangun jaringan komputer yang baik. Bila dasarnya saja tidak diberikan hal yang bagus, maka keluarannya juga akan menjadi tidak bagus.


4.  Jelaskan keuntungan dan kerugian dari jaringan !

  • Manfaatnya :
  1. Dapat menambah ilmu wawasan
  2. Dapat menolong Anda mencari tugas / pekerjaan rumah
  3. Dapat berinteraksi dengan orang lain secara jauh
  4. Mendapat informasi lanjutan
  • Kerugian 


  1. Pornografi
  2. Penjudian
  3. Penipuan
  4. Cybercrime
  5. Virus
5. Apakah yg dimaksud dengan operator !

- Pengertian Operator

Operator merupakan SDM yang tugasnya mengoperasikan menghidupkan hardware, menjalankan software, berinteraksi dengan hardware dan software yang sedang beroprasi, dan menyudahi operasi (menghentikan software dan mematikan hardware). Operator tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan IT, selain pelatihan sesuai tugasnya. Dalam melaksanakan tugasnya, tentu memerlukan otoritas yang cukup tinggi karena harus bisa menghidupkan dan mematikan sistem.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ABOUT ME

 Hai, ini Abi, penulis Novel Loverboy. Blog ini adalah jurnal jujur saya tentang menjadi penulis novel, belajar apa itu cinta da...