Jumat, 10 Agustus 2018

Cara Kerja Sistem Komputer & Prinsip

Prinsip Cara Kerja Komputer

Menurut Elias M. Awad, komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog). Selain itu, komputer juga merupakan sebuah alat elektronok yang mampu melaksanakan tugas diantaranya adalah menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah - perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Namun, ternyata tidak banyak orang yang tahu tentang bagaimana cara kerja komputer.

Cara kerja komputer secara garis besar terbagi menjadi 3 golongan :

1.     Input
2.     Process
3.     Output

Komputer terdiri dari unit input,unit proses dan unit output

1.Unit input 
Unit Input dalam sebuah komputer merupakan suatu bagian yg berperan sebagai media penerima dari masukan user / pengguna.Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Contohnya : Keyboard,mouse,scanner

2. Unit Proses

Unit proses merupakan bagian utama dari komputer. Pada unit ini terjadi kegiatan pengolahan data yang diterima dari unit sebelumnya. Data-data yang dimasukkan user melalui keyboard akan diolah dengan menggunakan logika (arithmetic logic unit - ALU). Processor merupakan perangkat utama pada unit process yang berupa chip besar terletak tepat di tengah bagian utama (main board) dan merupakan otak komputer. Segala sesuatu yang terjadi dalam komputer dikontrol oleh chip ini.
Contohnya : RAM,MotherBoard,VGA

3. Unit Output

Unit output adalah unit keluaran, jika data sudah Anda inputkan, maka data akan diproses kemudian akan ditampilkan baik ke monitor atau layar komputer maupun kertas.
Contohnya : Monitor,Proyektor,Printer

Pengertian ALU (Arithmatic Logical Unit)
Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah komponen dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. 
Pengertian CU (Control Unit)

Contol Unit adalah salah satu bagian dari CPU yg bertugas untuk memberikan arahan/kendali/kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmatic Logical Unit) di dalam dalam CPU tersebut.

Pengertian MU ( Memory Unit )

Merupakan bagian menampung data / program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CP yang selanjutnya teruskan ke unit keluaran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ABOUT ME

 Hai, ini Abi, penulis Novel Loverboy. Blog ini adalah jurnal jujur saya tentang menjadi penulis novel, belajar apa itu cinta da...