Senin, 29 Juli 2019

SEJARAH DAN TOKOH ANIMASI TERKENAL

SEJARAH ANIMASI


Pengertian Animasi 

  Animasi adalah gambar bergerak yang dibuat dengan cara merekam gambar-gambar diam,kemudian rekaman gambar-gambar tersebut di putar ulang dengan berurutan sehingga terlihat tidak lagi sebagai masing-masing gambar terpisah,tetapi sebagai sebuah kesatuan yang menghasilkan ilusi pergeraka yang tidak putus.

  Animasi pertama kali dibuat oleh Fady Saeed dari Mesir tahun 1756. Pada abad ke 17 sampai 19, peralatan-peralatan animasi sederhana telah ditemukan  sebelum munculnya proyektor film. Sejarah Film Animasi dimulai pada tahun 1890, Film animasi yang pertama kali dibuat oleh Charles-Émile Reynaud, penemu Praxinoscope, yaitu sebuah sistem gerakan yang menggunakan putaran dari 12 gambar. Pada tanggal 18 Oktober 1892, di Musée Grévin di kota Paris, Perancis, beliau memamerkan animasi dengan putaran dari 500 gambar.

Animasi dunia dimulai sekitar 30.000 tahun yang lalu, manusia saat itu sudah mempunyai usaha untuk membuat gambar yang mencerminkan suatu proses gerak. Pada tahun 1671, Athasius Kircher membuat suatu gebrakan dengan menciptakan sebuah alat yang merupakan cikal bakal dari kamera proyektor.

  Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D.

Jenis Jenis Animasi

1. Animasi Tradisional ( 2D, Cel )
pada animas tradisional, animator menggambar di kertas transparan mengunakan pensil berwarna frama demi frame
Contoh Animasi Tradisional Hand Drawn adalah :
- Tom and Jerry
- Hey Arnold

2. Animasi 2D Berbasis Vektor
Gaya animasi ini semakin populer pada beberapa dekade terkahir karena semakin meningkatnya akses teknologi. Animasi berbasis vektor mempunyai tehnik yang sama dengan animasi tradisional
Contoh Animasi 2D berbasis vektor :
- Mucha Lucha
- Gravity Falls

3. Animasi 3D (CGI, Animasi Komputer)
Animasi 3d mempunyai cara kerja yang berbeda dari animasi tradisional. Tehnik animasi 3D mempunyai banyak kemiripan dengan animasi stop motion. Keduanya melibatkan menggerakan model juga tetap melakukan pengambilan gambar frame demi frame.
Contoh Animasi 3D :
- Monters University
- Teenage Mutant Ninja Turles

4. Motion Graphic
walaupun masih termasuk bentuk animasi, motion grapic sedikit berbeda sedikit dari animasi jenis lainnnya.
Contoh Motion Graphic :
- Animasi Logo

5. Stop Motion
dilakukan dengan mengambil foto dari sebuah objek menggerakan objek tersebut sedikit dan mengambil foto lagi.
Contoh :
- Shaun th Sheep
- Cut Out

6. Animasi Frame
adalah bentuk animasi paling sederhana. Contohnya ketika buku kita membuat gamabar yang berbeda beda gerakannya pada sebuah tepian buku.

7. Animasi Sprite
adalah gambar digerakan dengan latar belakang yang diam. bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti burung terbang, planet berotasi, dll

8. Animasi Path
adalah animasi dari objek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintahan. MIisalnya dalam pembuatan animasi kereta api, pesawat terbang, burung dan lain lain.

9. Animasi Spline
adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan objek tidak hanya mengikuti garus lurus melainkan bentuk kurva

TOKOH TOKOH ANIMASI TERKENAL

Ursula (Divine)



Salah satu penjahat ikonik dari film The Little Mermaid, Ursula rupanya juga dibuat berdasarkan inspirasi dari orang di dunia nyata. Tokoh Divine atau Harris Glenn Milstead ialah sosok di balik ide dibuatnya karakter animasi yang satu ini.

Kristen Bell, ( Anna Frozen )

Kristen Bell

Film Frozen yang terkenal banget di tahun 2013 ini memang sempat bikin heboh bukan hanya anak kecil saja orang dewasa juga sempat terkena demam Frozen. Tapi tahu enggak sih siapa artis di balik Anna yang super ceria di film Frozen? Pengisi suara Anna adalah Kristen Bell artis yang sudah akting di banyak film dan serial garapan Hollywod. Bukan hanya Anna, Kristen Bell juga pernah menjadi pengisi suara Cora di film Astro Boy.

Ginnifer Goodwin, ( Letnan Judy Hoops Zootopia )

ginnifer goodwin

Zootopia film kartun yang banyak ditonton tahun 2016 lalu ini juga punya tokoh yang enggak bisa dilupakan. Enggak lain dan enggak bukan adalah Judy Hoops sang kelinci yang super lincah. Di balik peran yang ceria dan lincah ini ada si cantik Ginnifer Goodwin. Ginnifer berhasil membuat tokoh Judy menjadi sangat hidup dengan karakter suaranya yang kuat dan sangat khas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ABOUT ME

 Hai, ini Abi, penulis Novel Loverboy. Blog ini adalah jurnal jujur saya tentang menjadi penulis novel, belajar apa itu cinta da...